Pengertian Asma’ul Husna

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Asma’ul Husna berarti “nama-nama Allah yang baik”. Hanya Allah yang memiliki sebutan nama-nama indah tersebut. Kita sebagai makhluk-Nya hanya dapat memahami dan mempraktikkan makna yang terkandung dari nama-nama indah itu sebagai semangat dalam menjalani kehidupan (Al-Jaza’iri, 2009: 20-25). Asma’ul Husna harus benar-benar dihayati agar dapat diamalkan dalam sikap hidup kita sehari-hari. Asma’ul Husna berjumlah 99 nama sebagaimana disebut di dalam hadis yang artinya sebagai berikut:

Dari Abi Hurairah Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah mempunyai
sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus kurang satu; barang
siapa menghafalnya (menjaganya), niscaya ia masuk surga. (HR. Bukhari
dan Muslim).

Allah pun menyebutkan sejumlah nama indah-Nya di dalam firman-Nya sebagai berikut ini :
Huwallahul-khaliqul-bari’ul-mus awwiru lahul-asma’ul-h usna, yusabbih u lahu mafis-samawati wal-ard (i), wa huwal-‘azizul h akim(u).

Artinya: Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana. (QS. al-Hasyar [59]: 24).

Lantas, selain dapat menjadikannya sebagai semangat dalam menjalani kehidupan, adakah manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengenal Asma’ul Husna? Perlu diketahui, apabila berdoa atau berzikir, sering-seringlah menyebut Asma’ul H usna sesuai permohonan. Insya Allah, permohonan tersebut akan
terkabul. Hal ini ditegaskan di dalam firman-Nya:

Wa lillahil-asma’ul husna fad’uhu bihaa, wa zarul-lazina yulh iduna fiasma’ih(i), sayujzauna ma kanu ya’malun(a).

Artinya: Dan Allah memiliki Asma’ul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS.
al-A’raf [7]: 180)

Itulah sedikit keterangan tentang Pengertian Asma’ul Husna, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

0 Response to "Pengertian Asma’ul Husna"

Post a Comment