Mengenal Asma’ul Husna / Nama Allah Al-Khaliq

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Asma’ul Husna yang akan dibahas kali ini yaitu Al-Khaliq Selebihnya, kamu dapat memahaminya dengan mempelajari buku-buku yang bersangkutan, berdiskusi, berguru kepada alim-ulama, atau mencari literatur di internet. Mari kita uraikan makna Asma’ul Husna tersebut.

Al-Khaliq artinya ‘Maha Pencipta’. Sebutan ini merupakan sigah mubalaghah (bentuk istilah superlatif) yang menunjukkan banyaknya hal yang telah diciptakan dan diadakan oleh Allah dari suatu ketiadaan. Allah-lah Dzat yang menciptakan seluruh alam beserta isinya. Jika Allah adalah al-Khaliq, maka kita semua beserta penghuni alam raya ini dinamakan al-makhluq (yang diciptakan).

Inna rabbakumullahul-lazi khalaqas-samawati wal-arda fisittati ayyamin summastawa‘alal-‘arsy(i), yugsyil-lailannahara yat lubuhuhasisa(n), wasysyamsa wal-qamara wannujuma musakhkharatimbi´amrih(i), ala lahul-khalqu wal-amr(u), tabarakallahu rabbul-‘alamin(a).

Artinya:
Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam. (QS. al-A’raf [7]: 54)

Ayat tersebut menegaskan bahwa dengan kekuasaan Allah, langit dan bumi tercipta dengan segera. Cukup dengan firman “kun”, maka terjadilah apa yang dikehendaki-Nya dalam sekejap.

Wa huwal-lazi khalaqas-samawati wal arda bil-haqq(i), wa yauma yaqulu kun fa yakun(u)...

Artinya:
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan hak (benar), ketika Dia
berkata, “Jadilah!” maka jadilah sesuatu itu (QS. al-An’am [6]: 73)

Itulah sedikit keterangan tentang Mengenal Asma’ul Husna / Nama Allah Al-Khaliq, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

0 Response to "Mengenal Asma’ul Husna / Nama Allah Al-Khaliq"

Post a Comment