Arti / Pengertian Al-Qayyum Dan Al-Haadii

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Secara bahasa, nama Al-Qayyum ini berpangkal pada kata dasar qawama yang berarti ‘berdiri’. Pada bab sebelumnya kamu telah menjumpai istilah qiyamuhu bi nafsihi. Allah berdiri sendiri, tidak membutuhkan bantuan apa pun dari makhluk-Nya. Dalam mencipta, mengatur, dan memenuhi kebutuhan seluruh makhluk-Nya, Allah tak pernah bergantung pada pihak lain. Coba simak firman Allah SWT. berikut.

Allahu la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum(u).

Artinya:
Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). (QS. Ali-‘Imran [3]: 2).

Al-Qayyum dapat diteladani dengan membiasakan diri untuk bersikap mandiri, tidak tergantung kepada orang lain. Kita dapat membiasakan untuk bersikap mandiri dengan memutuskan dan mengatasi sendiri masalahmasalah yang menyangkut kepentingan pribadi, mengerjakan tugas sendiri, menyelesaikan urusan kita sendiri.

Nama Allah Al-Haadii berarti ‘Maha Pemberi Petunjuk’. Dia selalu memberi petunjuk kepada hamba yang dikehendaki. Petunjuk tersebut adalah berupa kebenaran ajaran agama yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan.

Innaka la tahdi man ahbabta wa lakinnallaha yahdi mayyasya (u), wa huwa a‘lamu bil-muhtadin(a).
Artinya:
Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk. (QS. al-Qasas [28]: 56)

Ayat ini menegaskan bahwa tiada yang mampu memberi petunjuk kecuali Allah. Meski Muhammad adalah seorang Rasul sekalipun, hidayah takkan turun kepada seseorang yang didoakannya kecuali atas izin Allah SWT.

Untuk meneladani Al-Hadi, berusahalah untuk memberikan petunjuk bagi orang di sekelilingmu. Tentu saja, petunjuk yang kamu berikan berbeda dengan petunjuk Allah. Petunjuk yang kamu berikan dapat berupa penjelasan dan ajakan agar orang lain lebih memahami ajaran Islam dan cara hidup yang benar menurut Islam.

Itulah sedikit keterangan tentang Arti / Pengertian Al-Qayyum Dan Al-Haadii, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

0 Response to "Arti / Pengertian Al-Qayyum Dan Al-Haadii"

Post a Comment