Arti / Pengertian Al-Fattah Dan Al-‘Adhlu

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Asma’ul husna Al Fattah memiliki arti “Maha Memutuskan”. Pada Yaumul Hisab nanti, nasib kita memang bergantung pada amal perbuatan sewaktu di dunia. Mendapat surga atau neraka, segala keputusan ditentukan oleh Allah. Tentu saja, segala keputusan Allah sangat adil. Manusia saleh akan memperoleh
ganjaran surga, sedangkan orang-orang fasiq, kafir, dan musyrik diganjar neraka. Allah berfirman:

Qul yajma‘u bainana rabbuna summa yaftahu bainana bil-h aqq(i), wa huwalfattahul alim(u).

Artinya:
Katakanlah, “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia Yang Maha Pemberi Keputusan, Maha Mengetahui.” (QS. as-Saba’ [34]: 26)

Lantas, bagaimana cara menghayati dan mengamalkan asma Allah yang satu ini? Jika kamu aktif di sebuah organisasi, maka asma Allah al-Fattah dapat kamu hayati dan terapkan, misalnya untuk mengambil suatu keputusan dalam musyawarah. Pada situasi ini kamu akan menyadari betapa setiap keputusan harus diambil dengan pikiran jernih dan hati lapang.

Nama indah Allah Al-‘Adhlu artinya Maha Adil. Nama ini bermakna bahwa  Allah telah menetapkan segala sesuatu sesuai potensi dan kedudukannya. Al-‘Adhlu juga berarti Yang Maha Adil dalam melakukan perhitungan atas amal

perbuatan manusia di dunia. Apabila kamu melakukan amal kebaikan di dunia, maka di akhirat akan memperoleh pahala berlipat ganda. Perhitungan Allah senantiasa adil, berjalan di atas asas keseimbangan yang sempurna.

Was-sama´a rafa‘aha wa wada‘al-mizan(a). Alla tat gau fil-mizan(i). Wa aqimulwazna bil-qist i wa la tukhsirul-mizan(a).

Artinya:
Dan langit telah ditinggikan-Nya dan Dia ciptakan keseimbangan, agar kamu jangan merusak keseimbangan itu, dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu. (QS. arRahman [55]: 7-9).

Jika Allah adalah Al-‘Adhlu, maka sebagai hamba Allah kita harus meneladaninya dan berusaha menjadi hamba Allah yang adil. Sikap adil dapat dibiasakan dengan cara selalu menyadari bahwa kedudukan manusia di hadapan Allah adalah sama, sehingga kita harus memperlakukan semua orang dengan cara yang adil. Sikap adil dibutuhkan dalam semua hal.

Misalnya jika kamu seorang ketua kelas dan akan memutuskan suatu masalah, maka putuskan dengan adil. Lihatlah semua warga kelas sebagai warga yang memiliki hak yang sama. Meskipun beberapa di antara mereka mungkin adalah teman dekatmu, kamu tidak boleh memihak kepada mereka dan merugikan yang lain.

Itulah sedikit keterangan tentang Arti / Pengertian Al-Fattah Dan Al-‘Adhlu, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

0 Response to "Arti / Pengertian Al-Fattah Dan Al-‘Adhlu"

Post a Comment