Pengertian / Arti mukjizat Nabi / Rasul

Mukjizat Rasul Di dalam mengemban tugas-tugasnya, para rasul sering mendapat tantangan dari kaumnya. Untuk membuktikan kerasulannya Allah melengkapi dengan mukjizat. Mukjizat yaitu suatu kemampuan luar biasa yang tidak dapat ditiru oleh manusia biasa yang terjadi atas izin Allah swt.

Mukjizat untuk tiap-tiap rasul berbeda sesuai dengan kecenderungan umat dan situasi yang dihadapi. Misalnya, mukjizat Nabi Ibrahim as. yang tidak terbakar api dan Nabi Nuh as. dapat membuat perahu besar yang dapat menyelamatkan semua umat yang beriman kepada Allah dan hewan-hewan dari bencana banjir.

Nabi Musa as. dengan tongkat yang bisa berubah menjadi ular untuk mengalahkan tukang sihir Raja Firaun. Nabi Isa a.s. yang dengan izin Allah dapat menyembuhkan kaki lumpuh, sakit kusta dan buta, bahkan menghidupkan orang yang telah mati. Mukjizat Al-Qur’an yang dimiliki oleh Nabi Muhammad saw. sebagai kitab suci lengkap yang kemurniannya akan terjaga sepanjang masa.

Kejadian luar biasa juga terjadi pada orangorang saleh yang sangat dekat dengan Allah swt. Kejadian ini disebut karamah. Antara mukjizat dan karamah memiliki kesamaan, yakni merupakan karunia dari Allah swt. Keduanya tidak dapat dipelajari dan diajarkan oleh orang lain.

Itulah pengertian atau arti mukjizat para Nabi dan Rasulullah, mudah-mudahan Allah swt selalu memberi hidayah agar kita dapat menjalankan perintah dan menjauhi segala laranganNya, dan mudah-mudahan Allah selalu meridhai kepada kita semua amin…

0 Response to "Pengertian / Arti mukjizat Nabi / Rasul"

Post a Comment