Langkah Tepat Menjadi Pendidik Atau Guru Profesional

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuuh. Profesi seorang pendidik atau guru adalah salah satu profesi yang sangat mulia, oleh sebab itu jika kita menjadi seorang pendidik yang harus kita lakukan adalah mempunyai niat dan tekat yang penuh dengan keikhlasan, karena seorang guru atau pendidik adalah pahlawan tanpa jasa.

Jadi kalau kita menjadi seorang pendidik atau guru sebaiknya jangan hanya mementingkan diri kita sendiri demi mencari nafkah atau gaji, tetapi kita lebih mementingkan nasib anak didik kita demi mencetak generasi-generasi yang intelek, profesional dan berbudi pekerti mulia.

Oleh sebab itu, kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu masalah tentang menjadi seorang guru atau pendidik yang profesional. Ada tiga trik atau cara yang perlu diperhatikan menjadi seorang pendidik atau guru yaitu :  

1.     Penguasaan materi atau bidang studi
2.     Kesiapan mental
3.     Penguasaan lokal atau kelas

Yang pertama penguasaan materi atau bidang studi, dalam mengajar atau mendidik kita harus menguasai bidang studi yang akan kita ajarkan minimal 75% dari bidang studi yang akan kita ajarkan, sebab kalau kita kurang menguasai materi bidang studi itu kita akan kehabisan kata untuk mengajarkan materi dan akhirnya kita akan kebingungan dalam mengajar.

Apa lagi kalau anak didik kita seorang anak yang aktif bertanya, Maka kita bisa-bisa malu karena tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak didik kita. Maka dari itu sebelum kita mengajar atau mendidik kita harus sudah menyiapkan dan menguasai materi minimal 75% yang akan kita ajarkan, Insyaallah kita tidak akan kebingungan dalam mengajar.

Yang kedua kita harus mempunyai kesiapan mental dalam mengajar atau mendidik, Sebab dalam mengajar kita harus aktif dalam menyampaikan bidang studi atau pelajaran yang akan kita ajarkan, oleh sebab itu kesiapan mental yang kita butuhkan.

Dan apa bila kita tidak mempunyai mental sama sekali, meskipun kita menguasai materi 100%, kalau kita tidak mempunyai mental kita akan kesulitan dalam mengajarkan materi yang akan kita sampaikan kepada anak didik kita. Jadi mental sangat berperan aktif dalam mendidik atau mengajar.

Trik yang ketiga yaitu penguasaan lokal atau kelas. Disamping kita dapat menguasai materi dan kesiapan mental kita juga sangat perlu dalam penguasaan lokal, maksud dari penguasaan lokal ini yaitu kita harus mengetahui satu persatu dari anak didik kita, dan bukan hanya mengetahui nama-nama anak didik kita saja,  tetapi kita harus mengetahui atau bisa melihat semua peserta didik kita.

Maka dari itu seorang pengajar atau pendidik disaat menerangkan materi yang di ajarkan kita sebaiknya berdiri, sebab dengan berdiri dalam menyampaikan materi kita bisa leluasa melihat anak didik kita yang sedang mengikuti pelajaran. Dan apa bila ada seorang anak dari peserta didik kita ada yang,main sendiri atau bercanda dengan yang lainnya kita bisa melihat secara langsung dan kita bisa langsung menegur, jadi dengan itu peserta atau anak didik kita tidak bisa berbuat ulah disaat seorang pengajar atau guru sedang menerangkan, dengan otomatis peserta didik kita akan mendengarkan dan memperhatikan.

Itulah sedikit penjelasan masalah trik menjadi seorang pendidik yang profesional, mudah-mudahan apa yang aku sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan mendapat ridho dari Allah SWT amin...

Dan apa bila ada kesalahan dalam ucapan atau tulisan, saya sebagai manusia tidak luput dari kesalahan minta maaf sebesar-besarnya, Wa'alaikumussalam Warahmatullaahi Wabarakatuuh...

0 Response to "Langkah Tepat Menjadi Pendidik Atau Guru Profesional"

Post a Comment